Pages

PENYUSUNAN RPP BLENDED LEARNING DENGAN SUMBER BELAJAR PORTAL RUMAH BELAJAR

Monday, October 19, 2020

 Sosialisasi ke komunitas MGMP Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

SOSIALISASI KE KOMUNITAS MGMP MATEMATIKA KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR

Alhamdulillah tahun ini dipercaya sebagai Ketua Komunitas MGMP Matematika SMP Se Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Melalui program perdana, saya menyusun dan menjalankan program kegiatan sosialisasi rumah belajar kepada Bapak/Ibu Guru Matematika. Tidak hanya guru guru dalam komunitas MGMP Matematika saja yang hadir namun ada juga guru guru dari tingkat SD dan SMA yang ikutan pada webinar Sabtu, 17 Oktober 2020.

Acara dimoderatori oleh Bu Merry Diana, S.Pd. , Guru Matematika dari SMPN 5 Penukal Utara yang sangat aktif dalam kegiatan MGMP. Saya mempunyai kesempatan yang baik dalam berbagi ilmu dan pengalaman tentang penyusunan RPP dengan model Blended Learning tipe Flipped Classroom. Dalam kegiatan ini, saya mendesiminasikan program pelatihan yang telah saya ikuti pada Webinar yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Sriwijaya dengan narasumber Dosen FKIP Universitas Sriwijaya, yaitu Ibu Dr.Hapizah dan Dra.Indaryanti, M.Pd. Saya merasa ilmu yang saya dapatkan dari para pakar ini sangat penting untuk ditularkan agar RPP yang disusun bukan semata-mata hanya untuk melengkapi administrasi sekolah namun harus benar-benar menjadi pedoman/panduan kita sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga makin terarah dan terstruktur.

Kenapa rumah belajar? Karena fitur-fiturnya sangat kita sesuai dalam menerapkan pembelajaran di era pandemi Covid 19 untuk pembelajaran jarak jauh baik moda daring maupun luring.Selama ini banyak dari kita ketika menyusun RPP tidak menyertakan Rumah Belajar dari Pusdatin Kemendikbud sebagai sumber belajar. Padahal, guru dalam menyusun RPP berpedoman pada Permendikbud. Oleh sebab itu, saya mengajak rekan -rekan agar menjadikan rumah belajar sebagai sumber belajar dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Saya mengenalkan berbagai macam fitur rumah belajar seperti sumber belajar yang berisi konten video, audio ataupun web. Untuk konten videonya sendiri bisa diunduh terlebih dahulu lalu hasil unduhannya bisa digunakan untuk pembelajaran luring (tanpa koneksi internet). Fitur lainnya saya juga kenalkan seperti laboratorium maya,bank soal, kelas maya, BSE, Edu Game dan m-edukasi yang bisa direkomendasikan kepada anak saudara (kerabat), tetangga bahkan kepada peserta didik serta lingkungan sekolah. Konten-konten yang dihadirkan oleh Rumah Belajar sangat sesuai dan lulus verifikasi dan validasi dari para pakar sehingga cocok untuk pembelajaran di kelas.


Pelaksanaan webinar menggunakan aplikasi Microsoft Teams dengan berbagai drama putus nyambung akibat koneksi internet yang kurang stabil sehingga peserta yang ingin bertanya mengalami kesulitan. Hanya ibu Susriani, S.Pd. yang sangat antusias dalam bertanya tentang fitur-fitur Rumah Belajar. Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu guru yang telah sempat meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dalam memanfaatkan portal rumah belajar untuk kegiatan pembelajaran. Semoga ilmu ini bisa disebarluaskan dan semakin banyak yang mengenal portal rumah belajar.




via materi

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading