POHON MASALAH MANAJEMEN LEMBAGA
PERTANYAAN UTAMA:
Apa itu manajemen?
Mengapa perlu manajemen (alasan dan tujuan?)
Bagaimana adalah proses manajemen yang dilakukan?
Apakah teori-teori manajemen, bagaimana perkembangan teori dari awal sampai sekarang?
Apa adalah penyedia?
Apa jenis lembaga pendidikan, khususnya formal?
Apakah ada setiap elemen dalam lembaga yang?
Ada jenis kegiatan di institusi pendidikan?
TIGA DIMENSI PEMAHAMAN MANAJEMEN
Manajemen sebagai ilmu: menjelaskan mengapa dan bagaimana manusia bekerja dan bekerja sama.
Manajemen sebagai seni/tips: seni mendapatkan sesuatu dilakukan (dilakukan/dicapai) melalui orang lain (seni mendapatkan sesuatu dilakukan melalui orang-orang)
Manajemen sebagai profesi: kantor/tugas yang membutuhkan keahlian khusus.
PENTINGNYA manajemen: untuk membantu kepemimpinan di:
Merumuskan tujuan dan kegiatan dalam program menjabarkannya
Menggabungkan berbagai kepentingan yang berbeda dari siswa, guru, kepala sekolah, pengawas Yayasan (pemerintah) serta masyarakat.
Memanfaatkan sumber dayanya sendiri secara optimal untuk mencapai tujuan.
SIFAT TUJUAN MANAJEMEN
Untuk meningkatkan produktivitas organisasi Anda (Lembaga), dengan ditandai:
-Jumlah masuk siswa lain
-Jumlah siswa yang lulus lebih
-Sejumlah prestasi makin baik tinggi
-Fasilitas, program layanan siswa lebih & baik.
– Lembaga lebih maju
Untuk meningkatkan kualitas standar dan kepuasan prestasi::
Guru dan staf puas
Puas siswa
-Orangtua, masyarakat dan pemerintah puas
Fungsi/proses manajemen
Perencanaan,
Pengorganisasian
Pelaksanaan
Kepemimpinan
Pengawasan & evaluasi
ZAT/LAPANGAN KERJA PADA PENGELOLAAN LEMBAGA
Pelajar,
Pendidik,
Kurikulum,
Berarti-prasaran
Dana/biaya,
Iklim budaya sekolah,
Hubungan dengan masyarakat,
Dll.
PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN
Teori klasik, berfokus pada pengaturan kerja, dengan tujuan utama dari efektivitas dan efisiensi
Teori neo klasik, lebih fokus pada para manusia, sehingga memiliki motivasi dan produktivitas, dan kepauasan dalam bekerja.
Teori manajemen modern, fokus pada sistem/organisasi/pola kerjasama
via materi
No comments:
Post a Comment