Pages

Lembar Observasi Keterampilan Bertanya Guru

Wednesday, February 12, 2014

Fungsi Pertanyaan Guru dan Keterampilan Bertanya Guru

Keterampilan bertanya guru yang baik dapat membuat suasana kelas menjadi aktif dan siswa berpikir atau paling tidak merespon apa yang disampaikan oleh guru. Pada prinsipnya, keterampilan bertanya dapat dibedakan menjadi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya tingkat lanjut. Pertanyaan yang diajukan oleh guru akan membuat siswa termotivasi dan bangkit rasa ingin tahunya terhadap materi pelajaran. Selain itu pertanyaan yang dilontarkan oleh guru juga dapat dijadikan alat pemusat perhatian. Hal ini dapat dilakukan bila konsentrasi anak atau siswa sedang tertuju pada hal-hal lain selain pembelajaran. Selain itu, pertanyaan dapat pula difungsikan sebagai alat untuk mendiagnosis kesulitan belajar yang sedang dialami siswa dalam mempelajari sebuah materi pelajaran.

Mengevaluasi Keterampilan Bertanya Guru

Dari uraian singkat di atas nampak bahwa keterampilan bertanya bersifat urgen untuk dimiliki oleh setiap guru. Keterampilan bertanya guru merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan bertanya guru merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai dengan baik. Nah, berpikirlah reflektif: Sudahkan mantapkah keterampilan bertanya anda? Jika anda kurang yakin dengan kemampuan anda dan jika anda tertarik melakukan penelitian tindakan kelas tentang keterampilan bertanya guru, mungkin lembar observasi keterampilan bertanya berikut ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk menggali data.


Klik di sini untuk mendownload lembar observasi keterampilan bertanya guru.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading