Bagaimana mengamati pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI - Problem Based Instruction)? |
Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI)
Contoh lembar observasi atau lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini dibuat berdasarkan sintaks (tingkah laku mengajar/langkah-langkah), lingkungan belajar, dan sistem pengelolaan model pembelajaran tersebut. Semua item dibuat pada lembar observasi/ lembar pengamatan pengelolaan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI – Problem Based Instruction) ini adalah berdasarkan kajian teoritis tentang model tersebut.Format yang diberikan di sini hanyalah contoh, anda dapat memodifikasi sesuai kebutuhan anda untuk penelitian tindakan kelas (ptk) atau kegiatan lesson study yang mungkin sedang anda/ kelompok kerja anda lakukan. Semoga bermanfaat.
Contoh:
LEMBAR OBSERVASI
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH
(PROBLEM BASED INSTRUCTION – PBI)
Petunjuk:
- Pengamat mengambil tempat strategis di dalam kelas sehingga dapat mengamati pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik tanpa mengganggu proses belajar-mengajar yang sedang berlangsung.
- Pengamat memberikan skor pada setiap item pengelolaan yang tersedia pada tabel pengamatan.
- Bila pengamat menemukan hal-hal penting lain terkait pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah ini, tetapi tidak terakomodasi pada tabel, dapat menuliskannya pada tempat yang tersedia di bawah tabel.
No | Fase | Tingkah Laku Guru | Tidak Dilaksana kan | Dilaksana kan | Skor |
1. | Orientasi siswa kepada masalah | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran | . | . | . |
. | . | Guru menjelaskan logistik/alat /bahan yang dibutuhkan | . | . | . |
. | . | Guru memotivasi siswa agar terlibat nanti dalam kegiatan pemecahan masalah yang dipilih | . | . | . |
2. | Mengorganisasikan siswa untuk belajar | Guru membantu siswa mendefinisikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah | . | . | . |
. | . | Guru membantu siswa mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah | . | . | . |
3. | Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok | Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang relevan | . | . | . |
. | . | Guru membimbing siswa melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan pemecahan/ penjelasan atas masalah | . | . | . |
4. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan hasil karya seperti laporan, poster, video, atau model | . | . | . |
. | . | Guru membantu siswa berbagi tugas | . | . | . |
5. | Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi terhadap penyelidikan mereka | . | . | . |
. | . | Guru membantu siswa melakukan refleksi proses- proses yang telah mereka lakukan dalam memecahkan masalah | . | . | . |
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Skor 1 = sangat kurang
Skor 2 = kurang
Skor 3 = cukup
Skor 4 = baik
Skor 5 = sangat baik
Banjarmasin, ........ Desember 2012
Pengamat,
................................................
NIP
===
Demikian Contoh Lembar Observasi Pengelolaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI - Problem Based Instruction) dari blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model pembelajaran. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment