Instrumen untuk Menilai Media Pembelajaran Berbasis Teks (Print Out)
Sebelumnya telah diulas tentang media pembelajaran berbasis cetak / teks (print out) pada blog penelitian tindakan kelas ini. Untuk lebih melengkapi bahasan tentang topik tersebut, sekarang kami suguhkan contoh instrumen untuk menilai media pembelajaran berbasis teks (print out) / cetak yang mungkin telah dibuat dan dikembangkan oleh guru, dan digunakan dalam penelitian yang dilakukannya untuk mengecek keefektifan penggunaannya. Instrumen penilaian media pembelajaran berbasis teks ini sebenarnya dapat pula digunakan dengan sedikit modifikasi apabila digunakan untuk merevieu buku teks / buku pelajaran untuk siswa. Bagaimanakan bentuk instrumen yang dimaksud sebagai contoh di sini, yuk disimak.Contoh Instrumen (dapat digunakan untuk penelitian atau tujuan lain sejenis)
= = = = = = = = = = = = = =Instrumen Penilaian Media Pembelajaran Berbasis Teks / Cetak / Print Out
Judul/Nama Media : ...............................
Pengembang/Perancang : .......................
Jenjang Sekolah : ..................................
Petunjuk : Gunakan skala rating berikut untuk setiap item. Jika anda ingin menambahkan komentar, silakan masukkan pada kotak catatan yang telah disediakan. Baca ulang sekali lagi setelah anda selesai memberikan tanda lingkaran (0) untuk memastikan bahwa skor yang anda berikan telah sesuai.
1 = sangat kurang 2 = kurang 3 = cukup 4 = baik 5 = sangat baik TD = tidak diterapkan |
A. Tampilan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
1. Tampilan halaman tampak rapi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
2. Lay out halaman mempermudah informasi ditemukan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
3. Mudah dibaca | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
4. Grafik dan tabel diberi label dan mudah dipahami | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
5. Gambar memiliki kekontrasan warna yang bagus | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
6. Grafik, tabel dan gambar memang berhubungan dengan informasi (teks) yang disajikan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
7. Judul, sub judul, dan anak judul memiliki pola dan format yang sama di seluruh dokumen | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
8. Judul, sub judul, dan anak judul merefleksikan ide-ide pokok | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
B. Bagian Pendahuluan Bab / Unit | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
9. Di dalam pendahuluan disebutkan tujuan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
10. Pendahuluan memuat tinjauan singkat struktur dan konten | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
11. Pendahuluan memuat hubungan bab/ unit tersebut dengan bab/unit lainnya | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
12. Pendahuluan menghubungkan topik yang akan dibahas dengan topik sebelumnya | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
13. Di dalam pendahuluan diberikan kosa kata (istilah) baru | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
C. Tujuan Pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
14. Tujuan dinyatakan dengan jelas sehingga mudah dipahami oleh siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
15. Tujuan berhubungan langsung dengan aktivitas dan informasi yang disediakan di dalam teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
16. Tujuan mengacu pada ide utama dan konsep utama dalam teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
D. Konten / Materi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
17. Konsep-konsep dan karakteristik-karakteristiknya dibahas dengan jelas | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
18. Informasi disajikan dalam konteks ide utama dan konsep-konsep utama | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
19. Ide utama dan konsep-konsep utama mengacu kepada kurikulum | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
20. Konten disajikan sedemikian rupa sehingga mudah diikuti secara struktur dan dipahami isinya | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
21. Konten yang disajikan valid dan up to date (terkini) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
22. Bahasa tulisan yang digunakan sesuai dengan tahap perkembangan siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
23. Kosa kata baru diberi tanda khusus (garis bawah/cetak miring) dan dijelaskan secara rinci, dapat ditampilkan secara khusus misal di sisi-sisi teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
24. Tugas dan aktivitas diberi label dan diformat sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
25. Dukungan belajar, petunjuk, dan cara mengorganisasikan materi (konten) diberikan untuk mempermudah belajar siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
26. Gambar dan grafik diberi label dengan jelas dan dibahas di dalam teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
27. Dicantumkan sumber-sumber, indeks, glosarium, peta konsep, dan sebagainya untuk mempermudah penggunaan oleh siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
E. Kesimpulan dan Revieu | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
28. Kesimpulan yang jelas dan ringkas diberikan di akhir unit/bab | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
29. Kesimpulan berhubungan dengan konsep-konsep utama yang telah dibahas di dalam teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
30. Kesempatan untuk siswa melakukan revieu cukup banyak diberikan di tempat-tempat tertentu yang diperlukan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
31. Revieu aktivitas diberikan dalam bentuk beragam pertanyaan yang menarik dan memicu belajar siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
32. Diberikan aktivitas-aktivitas untuk menerapkan pemahaman yang telah diperoleh siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
F. Asesmen | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
33. Asesmen diberikan secara bervariasi dalam bentuk pertanyaan dan aktivitas | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
34. Item-iem pada asesmen bersesuaian dengan tujuan pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
35. Asesmen didasarkan pada informasi yang diberikan di dalam teks | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
Catatan : |
..........................., .......................
Penilai / Reviewer Media Pembelajaran Berbasis Teks / Cetak (Print Out)/ Buku
(..................)
No comments:
Post a Comment