Pages

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi

Wednesday, August 28, 2013

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi - Banyak para ahli yang memberikan pengertian sosiologi, mari kita analisa bersama-sama kemudian buatlah kesimpulannya.

Beberapa definisi ilmu sosiologi menurut para ahli :

1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi
Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi; Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, kelompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yaitu pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.

Contoh hubungan timbal balik antara kehidupan agama dan kehidupan politik, hubungan timbal-balik antara kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi.

2. P.J. Bouman (Belanda)

Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik antara perorangan dengan perorangan, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Hasilnya yaitu organisasi sosial

Demikianlah Definisi Beberapa Ahli Tentang Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading